Sabtu, 17 November 2012

PC Troubleshooting Basic



Merupakan pencarian kesalahan pada komputer. Jika telah diketahui permasalahannya maka untuk pemecahannya adalah mudah.Untuk mengatasi masalah tersebut pada PC dapat dibagai menjadi :

Problem Hardware
  • Kerusakan komponen (Component damage)
  • Kesalahan Instalasi
  • Kompatibiltas sistem PC (System Compatible)
       

Problem Software
  • Hardware configuration (BIOS)
  • Software configuration (CONFIG.SYS & AUTOEXEC.BAT)
  • IRQ-DMA-I/O address
  • Human error
  • Application error
  • Computer Viruses
  • System Compatible


Tip Pemecahan masalah
  • Mengatasi sendiri :
v     Analisa kesalahan yang terjadi
v     Membaca file HELP / README / Manual Book
v     Membaca majalah/koran komputer
v     Bantuan Help OS atau Utility program lain
  • Bantuan orang lain :
v     Persiapkan pertanyaan Anda secara detail.
v     Mintalah bantuan pada orang terdekat Anda
v     Tanyakan pada yang berpengalaman
v     Tanyakan pada dukungan teknis / Online service

Langkah perbaikan kerusakan yang efektif adalah :
  • Jangan panik
  • Amatilah Keadaan
  • Pergunakan akal sehat
  • Dokumentasikan
  • Asumsikan satu masalah
  • Diagnosa ke suatu bagian (Identifikasi kesalahan)
  • Konsultasikan dengan interpretasi kode kesalahan dan perbandingan masalah
  • Lokalisasikan menjadi suatu tahapan
  • Isolasi bagian yang rusak
  • Perbaikan
  • Menguji dan memeriksa



TIPS:
Untuk dapat mengetahui kerusakan pada PC setidaknya harus tahu nama-nama peralatan  serta fungsinya

Langkah-langkah Pemecahkan masalah system komputer  :
1.       Analisis Gejala dan faktor.
  • Mulailah pemecahan masalah dengan menganalisis gejala saat apa kesalahan terjadi.
  • Misalnya saat pertama kali komputer dinyalakan atau saat sedang menjalankan applikasi tertentu atau pada saat even menyimpan.
  • Jika masalah bukan pada saat proses booting, catatlah terjadi, pada keadaan apa masalah terjadi? Aspek sistem operasi mana yang mengontrol kondisi itu? Apakah masalahnya khusus pada subsistem (jaringan, video, dan sebagainya)?
2.       Memeriksa apakah masalanya adalah hal biasa (masalah umum).
  • Periksalah apakah masalah ini merupakan masalah yang umum dengan melihat gejala yang diakibatkannya, misalnya masalah disket yang tak dapat dibaca.
3.       Mengisolasi & menguji kesalahan.
  • Setelah itu kita prediksikan sumber masalah tersebut kemudian mengisolasi dan menguji kesalahan tersebut (misalnya membandingkan dengan komputer lainnya).
4.       Menghubungi resource dukungan teknis.
  • Jika masalah tersebut telah ditemukan maka perbaikilah jika memungkinkan atau jika belum dapat memperbaiki maka berikan masalah tersebut ke orang yang telah berpengalaman atau orang lain yang pernah mengalami hal serupa tersebut. Jika belum dapat maka laporkan kepada dukungan teknis perusahaan anda atau dealer yang men-supply komputer anda.



0 comments:

Posting Komentar